Membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi di UPTD Puskesmas Gayamsari

Puskesmas Gayamsari

Zona Integritas (ZI) adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Biasanya Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, dan penguatan akuntabilitas kinerja.

Sedangkan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, dan penguatan kualitas pelayanan publik.



Penandatanganan Komitmen Zona Integritas menuju Puskesmas Gayamsari Wilayah Bebas Korupsi bersama Lintas Sektoral Gayamsari

Maka untuk itu, UPTD Puskesmas Gayamsari Kota Semarang terus berbenah dan meningkatkan SDM berkualitas untuk mendapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Kepala Puskesmas Gayamsari, dr Yuni Susanti menyatakan siap membangun zona integritas menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani, melalui upaya pencegahan korupsi, reformasi birokrasi dan peningkatkan kualitas pelayanan publik

Kini ada enam perubahan yang dilakukan puskesmas bandarharjo

Puskesmas Gayamsari yang terletak di Jl Slamet Riyadi 4 A Gayamsari Kota Semarang ini memiliki wilayah kerja 7kelurahan, yaitu: Gayamsari, Pandean Lamper, Siwalan, Tambakrejo dan Kaligawe

Serta mempunyai 3 ( tiga ) puskesmas pembantu yaitu pustu siwalan dan pustu pandean lamper, serta pustu kaligawe

Maka Puskesmas Gayamsari berkomitmen untuk membangun zona integritas menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani.

Ada enam area perubahan yang dilakukan Puskesmas Gayamsari dalam mebangun zona integritas yaitu:

1. Area manajemen perubahan

Yaitu dengan pembetukan tim zona integritas dan penetapan agen perubahan, diikuti penyusunan rencana kerja pembangunan zona integrtas, da penandatangana pakta integritas.

Lalu melakuan sosialisasi zona intgritas kepada jajaran internal puskesmas dan lintas sektor, ditandai dengan penandatanganan komitmen internal dan komitmen dukungan lintas sektor zona integritas menuju WBK

Kemudian untuk meningkatkan kebersamaan melakukan apel pagi secara rutin yang dipimpin langsung oleh kepala UPTD Puskesmas Gayamsari dan melakukan senam bersama setiap Senin

2. Area penataan tata laksana

Saat ini Puskesmas Gayamsari menerapkan protokol kesehatan di setiap pelayanan dan dalam melaksakanan zona integritas di semua unit pelayanan rawat jalan dimulai dari :

Pelayanan tempat parkir, pelayanan costumer service, pelayanan Poli Febris, pelayanan ruang pendaftaran, pelayanan ruang pemeriksan umum, pelayanan ruang pemeriksan lansia, pelayanan ruang pemeriksaan gigi, pelayanan ruang tindakan, pelayanan ruang laborat, pelayanan ruang konseling terpadu, pelayanan ruang kesehatan ibu dan anak, pelayanan ruang farmasi, pelayanan ruang dots, pelayanan tcm, pelayanan pelayanan vaksinasi covid 19, pelayanan swab pasien suspek covid / kotak erat.

Saat ini dalam melakukan pelayanan Puskesmas Gayamsari sudah memliki tehnologi, untuk masing- masing program antara lain :

Program pelayanan 5G (gratis, gak antre : Pendaftaran online / pustaka / wa, gak ribet , gesit : Pelayanan papaerless dan go cashless : Pembayarannya non tunai berkerja sama dengan Gojek);

Rekam medik elektronik, aplikasi si manis, mesin antrian pasien, barcode absen pegawai, tab kepuasan pelanggan , system informasi kepegawaian, area CCTV, aplikasi “Semarbetul untuk TB, aplikasi HIV/AIDS, aplikasi “Si Kempling” untuk sanitarian, aplikasi eppgbm u gizi, goggle form penilaian perilaku pegawai, sirudi, invo covid, victory dan lain sebagainya.

Maka dalam upaya menuju keterbukaan informasi publik, UPTD Puskesmas Gayamsari mengunakan papan informasi dan media sosial ( antara lain : Web, ig, you tube ) untuk penyampaian informasi kesehatan dan kegiatan puskesmas, sehingga masyarakat bisa akses dengan mudah.

3. Penataan sistem Manajemen SDM

Dalam penataan sistem manajemen SDM dengan melakukan kompetensi pegawai melalui berbagai pelatihan dan seminar-seminar dan mengupdate malalui aplikasi sisdmk, dan penilaian kinerja pegawai melalui aplikasi simpatik ataupun legenda. Peningkatan Kompetensi pegawai dilakukan evaluasi setiap tahunnnya melalui proses kredensialing

4. Penguatan akuntabilitas

Kepala puskesmas beserta staf terlibat langsung dalam perencanaan startegis bisnis/ renstra 5 tahunan, perencanaan kegiatan RUK dan RPK berdasarkan pemantauan kinerja / penilaian kinerja puskesmas, melalui lokmin bulanan dan tribulanan.

Selain itu, Puskesmas Gayamsari juga melibatkan peran masyarakat dan lintas sektor melalui rapat Linsek, pertemuan SMD/MMD maupun survey kebutuhan dan harapan pelanggan, survey pendataan keluarga sehat untuk menyusun RUK.

5.Penguatan pengawasan

UPTD Puskesmas Gayamsari membentuk tim SPI dan tim PPM yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan yg bersih dan bebas koruspsi, melalui sosialisasi gratifikasi, pembentukan tim pengendalian gratifikas, menerapkan sistem pengendalian internal pemerintah yang salalh satu kegiatannya adalah menyusun register resiko pelayanan.

6. Peningkatan kualitas pelayanan publik

Informasi pelayanan dapat diakses melalui berbagai media, antara lain : Web, fb, ig , twitter dan youtube. Siaran radio, baner, leaflet. Poster

Selain itu juga melakukan pemberian reward dan punismen bagi pegawai, melakukan analisa survey kepuasan pelanggan setiap tahun

Puskesmas Gayamsari juga mempunyai produk ungulan yaitu perawatan luka secara modern/ wound dressing.

Memiliki inovasi pelayanan salah satunya yaitu Desti Pose Bergaya, dan Nyedak Si Tina yang sudah dilakukan sejak awal tahun 2021

Sedangkan untu pelayanan luar gedung , antara lain; program kesehatan ibu dan anak masyarakat , program gizi masyarakat, program perawatan kesehatan, program promosi kesehatan, program sanitasi lingkungan dan program pengendalian dan pencegahan penyakit, yang dilakuan dengan protokol kesehatan.

Adapun di era pandemi kegiatan yang dilakukan puskesmas antara lain :
Edukasi , tracking kontak erat, melakukan swab, rujukan ke rumah isolasi , monev bulanan, pendampingan jogo tonggo dan vaksinasi.

Demikian gambaran singkat kegiatan yang dilakukan oleh UPTD Puskesmas Gayamsari dalam membangun Zona Integritas menuju Puskesmas WBK

Salam sehat dari kami ” Puskesmas Gayamsari “





3 Komentar

  1. sumargono santoso

    assalamu’alaikum..
    mau bertanya: knp yà sertifikat vaksin ke 2 saya tdk muncul dlm aplikasi peduli lindungi..smntara yg vaksin ke 2 ,dtmpt aula kecamatan gayamsari ada yg udah muncul diaplikasi peduli lindungi..
    mohon infony ibu/ bp. DOKTER yg terhormat??
    maaf dan terima kasih

    • silahkan datang kepuskesmas gayamsasri bapak, supaya dibantu oleh tim kami

    • waalaikumsalam, silahkan datang ke puskesmas gayamsari bapak supaya kami bantu kendalanya

Tinggalkan komentar